Skip to main content

Biaya Kuliah Ekonomi Termurah di Sibolga Sumatera Utara

Biaya Kuliah Ekonomi Termurah Sibolga Sumatera Utara

Alasan Kuliah Ekonomi? 

 


penasaran kuliah ekonomi itu belajar apa aja? di artikel ini, Kampus Ekonomi mengupas gambaran dunia perkuliahan di jurusan ilmu ekonomi, manajemen, akuntansi.

“Kalo kuliah ekonomi tuh belajar apa sih?”

Halo guys, ketemu lagi sama aku Iswanto.com di blog Kuliah Ekonomi. sesuai dengan judul artikel ini, lo bisa nebak bahwa kali ini Ane akan mengupas global perkuliahan pada fakultas ekonomi. Oke untuk lo yang mungkin belum kenal saya, ketika ini aku merupakan tutor Ekonomi pada Kampus Ekonomi Education. Sebelum pada Kampus Ekonomi, Ane udah lumayan usang makan asam-garam dunia ekonomi. Selain kuliah S1 & S2 Ekonomi, Ane juga pernah ngajar jadi dosen di FE Trisakti serta juga sempat aktif menjadi konsultan ekonomi buat kerjasama antar pemerintah. Nah, moga-moga pengalaman saya ini,mampu membantu lo menyampaikan ilustrasi wacana seluk-beluk ilmu ekonomi, khususnya pada dunia perkuliahan pada Fakultas Ekonomi.

Oke, ngomong-ngomong soal minat kuliah pada ekonomi, Ane mau coba membuatkan pengalaman Ane dulu ketika semasa lulus Sekolah Menengan Atas. Dulu waktu Ane mau lulus SMA serta lagi mikirin mau kuliah apa, perspektif yg aku dapetin ihwal kuliah ekonomi dari lingkungan kurang lebih Ane itu kira-kira gini:

Kuliah ekonomi mah gampang, hafalan doang isinya, ga ada itung-itungannya.
Lulusan ekonomi itu poly banget, ga terdapat istimewanya jadi sarjana ekonomi.
Belajar ekonomi mah ujung-ujungnya pula palingan kerja di bank doang.

akan tetapi ya gitu deh, banyak banget pendapat-pendapat yg tersebar di luar sana wacana anak ekonomi, yang dari saya ngga sepenuhnya tepat. Jadi pada sini aku bakal coba buat mengupas tuntas wacana seluk-beluk pembagian terstruktur mengenai ilmu yg dipelajari di Fakultas Ekonomi. seperti misalnya apa sih berbeda-bedanya ilmu yang dipelajari pada Jurusan Manajemen, Akuntansi, dan Ilmu Ekonomi? Apa sih berbeda-bedanya jurusan manajemen menggunakan administrasi bisnis? Nah, untuk lo yg berencana mau masuk FE atau penasaran ihwal bidang ilmu yang dipelajari pada FE, baca terus ulasan Ane pada artikel ini!



Hakikat Ilmu yang dipelajari pada Fakultas Ekonomi


Biaya Kuliah Ekonomi Termurah orang ngomongin ekonomi, tapi sebetulnya nggak bener-bener paham tentang hakikat ilmu ekonomi. terdapat yang bilang ekonomi itu identik menggunakan uang, ekonomi itu artinya bisnis, ekonomi itu dagang/jualan barang, ekonomi itu perputaran uang pada bank, serta lain-lain. Walaupun semua hal yg disebutin tersebut memang ada kaitannya menggunakan dunia ekonomi, tapi baru pada perspektif yang sempit, serta kurang tepat mendefinisikan hakikat mendasar asal ilmu ekonomi.

Jadi intinya ilmu ekonomi tuh sebenernya merupakan ilmu yg mempelajari perilaku insan pada menentukan pilihan yang tujuannya buat mencapai kesejahteraan. Sibolga Sumatera Utara Wah, kesannya luas banget dong ya ekonomi itu, berasal mulai urusan dapur sampai urusan negara. Yak, memang ilmu ekonomi itu luas banget, kita mampu lihat asal perspektif sempit hingga yang luas. dari mulai perekonomian individu, famili, perusahaan, negara, sampai skala internasional.

Nah, ilmu ekonomi yang melihat scope asal skala yang luas (seperti skala negara – dunia internasional) disebut sebagai ekonomi makro, yang mana cakupannya bersifat luas dan general. pada ekonomi makro lo akan berkenalan dengan kata taraf inflasi/deflasi, GDP (PDB), suku bunga BI, nilai tukar mata uang, jumlah uang beredar, dll. akan tetapi, ada juga ilmu ekonomi yang ngeliat perputaran ekonomi berasal scope yang spesifik, misalnya asal sudut pandang sebuah home-industry atau perusahaan dalam industri atau sektor tertentu. pada perspektif industri, hal yg dibahas juga lebih spesifik, seperti seni manajemen pemasaran, cara mengelola keuangan, proses operasional/produksi, dll. Hal-hal yg seperti ini nih dikenal menjadi ekonomi mikro, sebab cakupannya yang sempit tapi mendalam.

Biaya Kuliah Ekonomi Termurah di pada dasarnya, baik ekonomi makro juga mikro, pertarungan utama yang dihadapi itu sama, yaitu kelangkaan. Jadi secara definisi, ilmu ekonomi itu mampu diartikan sebagai ilmu yang mempelajari seni manajemen/cara untuk mengelola sumber-asal daya (asal daya alam, kapital (uang), ketika, insan, dll) yg terbatas buat memenuhi kebutuhan (dan cita-cita) insan yang ngga terbatas.

Nah, kalo lo udah paham hakikat ilmu ekonomi, kini saatnya kita coba bahas satu per satu, terdapat apa aja sih jurusan dalam Fakultas Ekonomi? Apa aja pembagian ilmu, keahlian yg didapat setelah lulus, dan ruang lingkup profesi dari masing-masing pembagian ilmu tadi.

1. Pembagian Ilmu dalam Fakultas Ekonomi


pada bagian ini saya mau bahas ihwal aneka macam bagian berasal ilmu ekonomi nih. karena sebenernya ilmu ekonomi di prakteknya itu sangat luas dan bisa dibagi menjadi bagian-bagian yang buanyak buanget. tapi sebab tujuan aku nulis artikel ini buat para calon mahasiswa ekonomi Sibolga Sumatera Utara, Ane akan bahas pembagian ilmu ini berasal sudut pandang akademis secara umumnya, dalam arti pembagian jurusan di Fakultas Ekonomi di berbagai kampus Indonesia.

pada dasarnya Fakultas Ekonomi (FE) ini terbagi menjadi tiga jurusan, yaitu Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi. Nah ketiga jurusan ini pastinya punya fokusnya masing-masing, serta keahlian yg ditekankan di setiap jurusan juga.

A. JURUSAN ILMU EKONOMI


pada dasarnya kalo Ilmu Ekonomi (selanjutnya disebut dengan kata IE) lebih menitikberatkan ke ekonomi makro, sementara porsi buat ekonomi mikro lebih sedikit. di sini mata kuliahnya lebih banyak ngebahas perihal konflik ekonomi secara menyeluruh, yang cakupannya dari perekonomian 1 negara atau bahkan hubungan antar negara. asal sudut pandang ekonomi mikro sekalipun, scope yang dibahas artinya industri atau sektor skala raksasa Sibolga Sumatera Utara

Secara awam Ane bisa gambarkan bahwa pada IE lo akan mengkaji berbagai kebijakan yang perlu diambil negara buat pemugaran ekonomi, sampai membuat analisis keputusan industrial skala besar . dalam hal ini, perlu Ane tekankan bahwa jurusan IE sangat kental hubungannya dengan analisis matematis! Nah loh, siapa bilang kuliah ekonomi ngga akan ketemu sama itung-itungan? Analisis ekonomi pada skala makro itu sangat membutuhkan pendekatan matematis, terutama aljabar. Kok mampu? karena melalui fungsi dan persamaan matematis inilah kita jadi mampu melakukan analisis, prediksi, serta estimasi mengenai syarat perekonomian sesuai data-data yg terdapat, yang lalu yang akan terjadi proses data tadi digunakan buat mengambil kesimpulan kebijakan mana yg seharusnya diambil oleh para pengambil kebijakan (policy-makers).

Jadi jangan kaget kalo lo ngambil jurusan ini terus lo dituntut untuk mampu merampungkan persamaan fungsi linear serta kuadrat, menghitung matriks, dan melakukan penghitungan persamaan diferensial dan integral. Dijamin hal-hal kaya gini bakalan jadi makanan sehari-hari lo deh karena pengetahuan ini krusial banget buat melakukan berbagai analisis nantinya.

Nah asal beberapa contoh topik-topik yang dipelajarin di jurusan Ilmu Ekonomi, keahlian para lulusannya berkisar antara penelitian tentang pengambilan kebijakan ekonomi yang sesuai sesuai kondisi perekonomian negara waktu itu, kemampuan menganalisis dan memprediksi syarat perekonomian (nasional serta dunia) ke depannya akan seperti apa Sibolga Sumatera Utara



Nah, buat lo yang nanti kuliah di jurusan IE, Biaya Kuliah Ekonomi Termurah maka di semester lima-6 kamu akan dihadapkan di pemilihan konsentrasi studi. buat jurusan IE, secara umum terdapat 7 pilihan konsentrasi studi, yaitu:


  1. Ekonomi Internasional
  2. Ekonomi Publik
  3. Ekonomi Regional
  4. Ekonomi Moneter
  5. Ekonomi Pembangunan
  6. Ekonomi Industri
  7. Ekonomi sumber Daya Alam & Lingkungan
  8. Ekonomi sumber Daya insan

Sebetulnya tiap kampus mampu berbeda-beda-bhineka sih, mungkin kampus A ada 5 konsentrasi, mungkin di kampus B ada 7 dengan sebutannya sedikit tidak sama, akan tetapi secara umum seperti yg barusan saya sebutin di atas.

berasal nama-nama konsentrasinya, kira-kira lo kebayang nggak apa yang dipelajarin? Kalo Ekonomi Internasional pastinya fokusnya akan ke kegiatan dan aneka macam kebijakan ekonomi yang berafiliasi sama dunia internasional mirip ekspor, impor, kerjasama ekonomi internasional dan transaksi pembayaran internasional.

Biaya Kuliah Ekonomi Termurah terdapat juga yang namanya Ekonomi Industri, yg fokus ke aktivitas perusahaan di sebuah industri atau sektor eksklusif. di sini bakalan dibahas aneka macam macam pasar persaingan, mirip pasar persaingan sempurna, monopoli, oligopoli, monopsoni, monopolistik, dll. Konsentrasi ini pula dasarnya ialah ekonomi mikro, sebab ngebahasnya udah pada cakupan yang lebih kecil, yaitu perusahaan pada industri eksklusif. Sibolga Sumatera Utara

Kalo Ekonomi Moneter itu fokusnya ke berbagai kegiatan yang berafiliasi sama sistem pembayaran serta info-informasi moneter lainnya yang hubungannya sangat dekat menggunakan Bank Sentral sebuah negara. Analisis yg kalian pelajari akan melihat berasal perspektif Bank Sentral dalam menghadapi persoalan ekonomi negara, perihal bagaimana caranya buat menjaga stabilitas harga (inflasi), nilai tukar uang negara, penentuan tingkat suku buang, jumlah produksi uang beredar, dll.

Terus lo masih inget gak, ada kebijakan moneter, ada jua kebijakan fiskal. Nah buat yg kebijakan fiskal ini lebih poly dipelajarin di konsentrasi Ekonomi Publik. pada prinsipnya, pada sini lo dituntut untuk melihat asal sudut pandang bagaimana pemerintah mendistribusikan APBN (pajak) untuk pembangunan nasional. Konsentrasi ini sangat erat dengan pertarungan pertumbuhan ekonomi nasional, taraf pengangguran, inflasi, dll.

Ekonomi Regional jua mirip sama Ekonomi Publik, cuma cakupannya bukan nasional, tapi provinsi, kabupaten, serta kota. Kalo pada skala nasional ada yang namanya APBN, pada skala regional terdapat yg namanya APBD atau aturan belanja wilayah. Nah, di konsentrasi ini lo akan melihat asal sisi bagaimana pengelolaan aturan daerah buat memajukan perekonomian serta kesejahteraan rakyat di daerah tersebut.

Selain aneka macam konsentrasi itu, masih ada lagi yg namanya Ekonomi sumber Daya Alam dan Lingkungan. Konsentrasi ini ngebahas banyak perihal aneka macam asal daya alam yang terdapat di bumi kita ini, serta jua proses perolehan, penggunaan, dan berbagai dampak yg timbul, terutama terhadap lingkungan. Kampus Ekonomi sendiri udah tak jarang banget nulis artikel menggunakan topik penggunaan asal daya alam yang ramah lingkungan. Nah perubahan asal asal energi ini, pastinya punya impak akbar terhadap kesetimbangan ekonomi, karena yg namanya energi ialah elemen penting pada kehidupan bermasyarakat, Sibolga Sumatera Utara serta seluruh hal itu lo pelajari pada konsentrasi ini.

Kalo konsentrasi yang terakhir, Biaya Kuliah Ekonomi Termurah yaitu Ekonomi asal Daya manusia ini lebih banyak fokus ke faktor input energi kerja alias ketenagakerjaan. Topik yang akan lo ulik, ga akan jauh-jauh asal kesejahteraan pekerja, kebijakan upah minimum, taraf pengangguran, serta korelasi industrial antara pekerja, pemerintah, serta perusahaan.

Terus pertanyaan yang nggak kalah pentingnya, kira-kira para alumni jurusan ini tuh bisa kerja dimana dan menjadi apa sih? Peluang kerja yg paling cocok buat anak-anak lulusan jurusan Ilmu Ekonomi nih umumnya jadi analis pasar, peneliti ekonomi, guru/dosen ekonomi atau konsultan kebijakan ekonomi yg kerja bareng sama para pengambil kebijakan (pemerintah), baik dalam skala nasional, maupun regional Sibolga Sumatera Utara


B. JURUSAN MANAJEMEN


Kalo jurusan Manajemen lulusannya pada jadi manager pada sebuah perusahaan? Ngga gitu jua sih. Manajer pada sebuah perusahaan itu kan level atau posisi yaa, sementara pada kuliah itu lo belajar yang namanya ilmu manajemen. pada dasarnya sih kuliah di jurusan manajemen ini berarti lo akan banyak belajar ihwal bagaimana cara mengelola asal daya (bisa berbentuk uang, insan, ketika, dll) buat mencapai tujuan tertentu dengan efektif serta efisien, dimana proses manajemen itu secara umum diuraikan dalam termin-termin dari mulai:


  • Perencanaan (rencana)
  • Pengalokasian (organizing)
  • aplikasi (implementing)
  • Pengevaluasian (evaluating)

Kesannya tahap-tahap itu sederhana tapi kalo dikaji secara mendalam, proses manajemen itu mampu jadi kompleks banget lho. sebab objektifnya artinya pengelolaan asal daya secara efektif serta efisien, variabel-variabel yg wajib dipertimbangkan ada banyak banget dan perlu dicermati dari sudut pandang yang khusus. Biaya Kuliah Ekonomi Termurah contohnya Jika kita bicara soal “efisien” berarti kita perlu menganalisis asal sudut pandang saat, uang, manusia, lokasi, dll. Bila bicara soal “efektif” berarti kita perlu membhinekah visi, misi, serta objektif yang ingin dicapai hingga pada skala yg terkecil sebagai akibatnya mampu diukur menggunakan indikator serta tolak ukur yg jelas.

Secara awam, basis primer buat ilmu manajemen ini memang lebih condong ke ekonomi mikro, karena yg topik dipelajarin di umumnya berskala perusahaan. Jadi lo dituntut buat melihat konflik ekonomi asal sudut pandang pengelolaan perusahaan. Kira-kira kebayang ya berbeda-bedanya dengan IE yang lebih bersifat ekonomi makro. 🙂

pada jurusan manajemen ada beberapa konsentrasi, umumnya artinya seperti Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasional, serta Manajemen sumber Daya manusia. ayo kita bahas satu per satu! Sibolga Sumatera Utara


  • Manajemen Pemasaran (Marketing)



banyak orang umum berpikir bahwa marketing itu identik menggunakan jualan, padahal itu pengertian yg kurang tepat. di prinsipnya, marketing itu artinya upaya buat menjaga rekanan yg baik dengan pelanggan (customer/client), baik sebelum sebagai pelanggan (potential customer), juga mereka yang udah tak jarang berlangganan (retention customer). Inget, istilah kuncinya adalah relasi/hubungan, bukan di penjualan. Makanya di sini lo bakalan sering denger kata KYC atau Know Your Customers. karena menjaga relasi/korelasi menggunakan orang lain memang merupakan galat satu bentuk seni (art). Gimana lo menjalin hubungan sama calon pembeli (customer) pastinya akan bhineka sama kalo lo menjalin hubungan sama calon pemasok (supplier) kan?

dalam hal ini, manajemen marketing bisa diartikan menjadi upaya mengelola sumber daya buat dapat menciptakan relasi yang positif dengan pelanggan. Nah, dalam penerapannya, ilmu marketing itu sangat dalam. dari mulai analisa pasar (potensial buyer), merancang produk yang sempurna sinkron menggunakan hasrat pasar, memberikan pengalaman berbelanja yg nyaman, Sibolga Sumatera Utara menjual produk kepada orang yang sempurna dan menggunakan cara yg sempurna, membangun kepercayaan menggunakan customer, hingga terus mengevaluasi kualitas produk sampai semakin meningkatkan kepuasan berasal customer, dll.


  • Manajemen Keuangan



berasal namanya aja lo mungkin udah bisa nebak, Manajemen Keuangan bisa diartikan dengan pengelolaan keuangan perusahaan supaya bisa direncanakan, dialokasikan, dipergunakan, dan dinilai dengan efektif serta efisien. sumber dayanya yang dikelola jelas, yaitu kapital yang terus berputar di perusahaan. Analisis yang didalami jelas seputar cashflow keuangan perusahaan, dimana hal itu dijalani menggunakan proses membuat laporan keuangan dengan seksama.

seorang yang menAnesai manajemen keuangan yang baik, akan tahu kondisi keuangan perusahaan serta memutuskan kebijakan keuangan yang perlu diambil sang perusahaan. Secara umum , konsentrasi ini akan mengupas kebijakan perusahaan yang perlu diambil, asal pengalokasikan dana, keputusan investasi, keputusan pinjaman ke bank, dll.


  • Manajemen sumber Daya manusia



Kalo tadi sisi “asal daya”-nya artinya uang, sekarang asal daya yg dikelola adalah manusia. Berarti manajemen sdm ialah upaya perusahaan buat mengelola aspek insan pada perusahaan supaya bisa dialokasikan sesuai menggunakan keahlian serta potensi masing-masing. Hal yg dikupas juga pada banget, berasal mulai bagaimana cara merekrut dan menyeleksi orang yang sempurna buat melakukan sebuah pekerjaan eksklusif, penentukan kebijakan yang tepat bagi karyawan asal mulai honor , lembur, perlop, pensiun, dll, hingga bagaimana cara menyebarkan keahlian (skill) dan motivasi para pekerja agar terus berkontribusi secara optimal bagi perusahaan.


Manajemen Operasional


Nah yg terakhir nih Manajemen Operasional. Manajemen operasional jua sering diklaim menggunakan istilah manajemen produksi yg identik banget dengan kerjaan pabrik/manufaktur. Sebetulnya manajemen operasi nggak harus selalu identik dengan pabrik sih, tapi memang sistem pabrik itu sangat membutuhkan manajemen operasional yg handal Sibolga Sumatera Utara

pada prinsipnya, pada konsentrasi manajemen operasional lo akan menelaah bagaimana mengelola proses operasional sebuah perusahaan agar permanen efektif dan efisien. model yang paling mudah merupakan pengelolaan rantai pasokan, berasal merencanakan beli bahan standar apa, kapada siapa harus membeli, kapan harus beli bahan standar, berapa banyak yang harus diproduksi, berapa poly barang yg wajib dikeluarkan dari gudang ke toko, dll.

Selain itu, konsentrasi ini juga erat kaitannya menggunakan sistem info pada sebuah perusahaan agar semua proses operasional tersebut bisa terintegrasi pada sebuah sistem. Jadi semua isu asal status gudang (contohnya ketersediaan barang) bisa secara pribadi diketahui sang pihak pengelola toko, marketing, dll. Begitu jua dengan berita kurangnya pasokan, kelebihan pasokan, hingga kehilangan barang, seluruh mampu diketahui pada 1 sistem.

****

Terus alumni jurusan Manajemen kira-kira bisa kerja dimana ya? Secara umum sih, mahasiswa manajemen akan berkarya pada sebuah perusahaan, karena memang selama kuliah mereka belajar dari sudut pandang sebuah perusahaan. Selain itu, konsentrasi pada jurusan manajemen juga sangat relevan menggunakan pembagian divisi awam dalam perusahaan, mirip bagian divisi pemasaran, divisi keuangan, divisi produksi, divisi human resource, dll. akan tetapi nggak semua anak manajemen berkarya di pada perusahaan pula sih, nggak sedikit jua kok yg memanfaatkan ilmunya buat bikin usaha sendiri alias jadi wirausahawan.

C. JURUSAN AKUNTANSI


Terakhir merupakan jurusan Akuntansi. Ngomongin soal akuntansi, buat lo yg anak IPS mungkin udah langsung kebayang jurnal laporan keuangan deh, hehehe… Ya memang yg namanya jurusan Akuntansi pastinya akan belajar tentang pembukuan keuangan. Kalo jaman dulu jurusan ini diklaim dengan “pembukuan” jaman sekarang sih udah ngga pake buku beneran, tapi seluruh udah serba digital.

oleh karena itulah, jurusan akuntansi kini tidak hanya penekanan di teknik membuat laporan keuangan yang masuk akal serta seksama, akan tetapi pula belajar menghasilkan sistem informasinya supaya mampu diaplikasikan secara efektif.

Meskipun tiap kampus mampu aja bhineka-berbeda-beda, Biaya Kuliah Ekonomi Termurah tapi di biasanya jurusan Akuntansi ini terbagi menjadi lima konsentrasi, yaitu:


  • Akuntansi Keuangan
  • Manajemen Akuntansi
  • Sistem informasi
  • Perpajakan
  • Audit
  • Akuntansi Keuangan


poly orang umum yg poly menanyakan apa berbeda-bedanya manajemen keuangan menggunakan akuntansi keuangan? Oke, Ane coba jelasin prinsipnya di sini. Sebagaimana udah Ane bahas di atas, kalo bicara soal manajemen berarti bicara soal pengelolaan sumber daya agar penggunaannya efektif dan efisien. merupakan MK itu penekanan tujuannya itu membentuk perencanaan budgeting mengelola penggunaannya agar efisien dan sempurna target. lalu akuntansi keuangan gimana?

Nah, akuntansi keuangan punya objektif yang tidak selaras. Kalo manajemen fokus pada pelaksanaannya agar efektif dan efisien, akuntansi keuangan penekanan dalam menganalisis, menginvestigasi, serta menghasilkan laporan keuangan yang seksama & lumrah. Inget kuncinya itu artinya seksama serta lumrah. adalah apa? ialah semua dana arus kas harus mampu dipertanggung-jawabkan berasal mana Asalnya, serta pula kewajaran asal penggunaannya. Kalo hingga terjadi kecurangan (fraud) yg dilakukan sang oknum dalam sebuah perusahaan, Biaya Kuliah Ekonomi Termurah seseorang akuntan yang handal wajib bisa mengetahui serta melaporkan kecurangan tadi supaya kerugian perusahaan tidak semakin mengembang.


  • Manajemen Akuntansi



Oke, tersebut ada manajemen akuntansi, terdapat akuntasi keuangan, sekarang kok ada yang namanya manajemen akuntansi? Maksudnya gimana nih? Sejujurnya konsentrasi manajemen akuntansi ini memang baru timbul pada Indonesia belakangan ini, serta di prinsipnya konsentrasi ini memang ialah penggabungan asal konsentrasi bidang manajemen keuangan menggunakan akuntansi keuangan.

Bila manajemen keuangan penekanan pada budgeting & perencanaan, sementara akuntansi keuangan penekanan pada pelaporan keuangan dan penilaian, maka di konsentrasi bidang ini lo dituntut buat bisa melihat dari dua perspektif tadi. adalah, pada membentuk budgeting & perencanaan, strategi, serta pengelolaan keuangan berasal sebuah perusahaan, lo pula harus mempertimbangkan sejauh mana syarat keuangan perusahaan tersebut, apakah alokasi dananya masuk akal? Apakah syarat keuangannya sehat? semua hal itu perlu lo pahami buat memilih arah kebijakan perusahaan secara lebih tepat.


  • Sistem isu



pada era digital ini, bahkan perusahaan mungil pun udah pake komputer buat laporan keuangannya sebab faktor kesalahan manusia (human error) pada proses penghitungan mampu dieliminasi menggunakan donasi personal komputer dan acara-acara yg mendukung. karena itulah kemampuan untuk mengoperasikan sistem gosip dalam akuntansi sangat dibutuhkan.

menggunakan mengambil konsentrasi ini, lo mampu mempelajari lebih pada perihal seluk-beluk penggunaan sistem gosip dalam akuntansi atau biasa diklaim menggunakan sistem manajemen data. Bagaimana sistem tadi terintegrasi kepada divisi gudang, divisi marketing, Sibolga Sumatera Utara serta bagian-bagian yang lain buat mampu melihat peredaran kas perusahaan secara lebih menyeluruh. khusus buat lo yg ingin memahami bidang ini lebih lanjut, lo juga mampu ambil S2 khusus buat bidang ini. di level S2, kamu bukan hanya belajar mengoperasikan sistem yg telah terdapat, tapi lo jua mampu belajar buat merancang sendiri (programming) sistem yang lo inginkan.


  • Perpajakan



dari namanya aja, Biaya Kuliah Ekonomi Termurah pasti lo udah kebayang kalo konsentrasi perpajakan pastinya akan belajar segala sesuatu yg berafiliasi sama pajak,. khusus buat jurusan akuntansi, konsentrasi pajak secara lebih khusus akan mengulas segala hal yang terkait menggunakan pajak perusahaan, pajak penjualan, pajak pertambahan nilai, pajak penghasilan, dll.

Nah, kalo pada jurusan IE sebelumnya lo melihat topik pajak dari sudut pandang pemerintah yg menagih pajak, sekarang lo melihat pajak asal sudut pandang pembayar pajak (perusahaan), dimana pada penerapannya diharapkan pemahaman yg relatif pada, terutama pada aspek dasar hukumnya Sibolga Sumatera Utara

Terlebih lagi, setiap bentuk usaha itu pula mempunyai kewajiban pajak yg tidak sama, misalnya bidang perjuangan yg terkait dengan transaksi menggunakan pihak luar negeri, berarti melibatkan pajak ekspor-impor. usaha yang berkiprah di bidang barang glamor, juga punya perhitungan pajak barang mewah sendiri. Bidang perjuangan yg produknya berupa barang serta jasa juga memiliki perhitungan pajak tersendiri. Nah, hal-hal itulah yg akan lo pelajari dalam konsentrasi pajak pada jurusan akuntansi ini.


  • Audit



Konsentrasi yg terakhir adalah audit. istilah kunci dari audit ini merupakan pemeriksaan. Apa yg diinvestigasi? Yak, apalagi kalo bukan kondisi keuangan. seorang auditor yang baik artinya seseorang investigator handal yg bisa menganalisis serta membhinekah laporan keuangan, serta mengambil konklusi apakah syarat keuangan sebuah perusahaan/lembaga itu sehat atau tidak, masuk akal atau tak.

umumnya, seseorang auditor ini diibaratkan menjadi seseorang detektif yg berupaya mencari tau apakah ada tindak kecurangan (fraud) atau pengalokasian dana yg tak wajar dalam sebuah perusahaan/institusi. pada prakteknya, seorang auditor bisa jadi terdapat pada perusahaan terkait (internal auditor) atau pada luar perusahaan (external auditor). buat external auditor, umumnya akan bekerja di lembaga konsultan keuangan yang menunjukkan jasa audit bagi perusahaan-perusahaan Sibolga Sumatera Utara

Bila lo memilih bidang konsentrasi ini, lo bakal jadi ahli verifikasi serta evaluasi asal berbagai laporan keuangan. Bahkan kalo lo bener-bener jago serta punya kredibilitas, laporan keuangan yang lo bhinekah bukan hanya di level perusahaan saja, akan tetapi pula laporan keuangan negara loh. pada konteks negara, lembaga yg mengevaluasi itu namanya BPK (Badan Pemeriksa Keuangan).

****

Jadi sebagai lulusan jurusan akuntansi, lo mampu aja kerja di divisi keuangan sebuah perusahaan, sebagai akuntan, manajer keuangan, konsultan investasi, atau bisa juga auditor. Selain itu mungkin juga kerja di sektor perbankan, tempat kerja akuntan publik (KAP), atau Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

banyak banget kan keahlian yang dimiliki sang seorang lulusan Fakultas Ekonomi, apapun jurusan serta konsentrasi yang dipilih? Nggak heran sih mahasiswa ekonomi pada Indonesia tuh jumlahnya buanyak buanget. Prospek lapangan kerjanya pula emang ngga kalah banyaknya kok. Jadi jangan risi kalo lo kuliah pada Fakultas Ekonomi terus nanti jadi susah cari kerja karena segitu banyaknya saingan lo yg punya latar belakang pendidikan yang sama. Toh sebenernya tiap jurusan ngga sama kok keahliannya. Jangankan tiap jurusan, buat jurusan yg sama aja tapi konsentrasinya berbeda-beda, udah berbeda-beda lagi tuh keahlian yang didapet. 🙂



dua. Apa berbeda-bedanya Administrasi bisnis/Niaga menggunakan Manajemen?
Nah barusan Ane udah berbeda-bedah perihal fakultas ekonomi, sekarang Ane jua mau sekalian bahas 1 pertanyaan yang tak jarang banget ditanyain sama calon mahasiswa yg mau ambil ekonomi, yaitu berbeda-bedanya jurusan administrasi bisnis/niaga menggunakan manajemen Sibolga Sumatera Utara

Walaupun kesannya seperti, tapi kedua jurusan ini sebenernya bhineka. Kuncinya bisa kita lihat asal fakultas yg menaungi keduanya. Manajemen berada di bawah fakultas ekonomi, ad interim administrasi usaha berada pada bawah naungan fakultas FISIP atau Fakultas Ilmu Sosial serta Politik. Kok bisa sih administrasi usaha/niaga berada pada bawah fakultas sosial & politik? Padahal asal namanya kan kental banget menggunakan kata dunia ekonomi.

Nah, justru dari situlah kita bisa tau perbhinekaannya, pada dasarnya sih pada jurusan Administrasi Niaga lo akan lebih poly belajar ihwal penentuan arah kebijakan organisasi/perusahaan, dengan mempertimbangkan aspek POLITIK serta hukum. Yak, namanya pula berada di bawah naungan fakultas FISIP, pasti ga akan jauh berasal ilmu politik serta jua peraturan pemerintah.

Jadi bagi lo yang ngambil administrasi bisnis/niaga memang akan mempelajari ilmu yg kental dengan dunia ekonomi, akan tetapi topik-topiknya lebih cenderung ke arah yg bersinggungan dengan global politik dan peraturan pemerintah, mirip contohnya pajak, regulasi pemerintah terhadap batasan subsidi, kebijakan jumlah produksi, dan penyesuaian terhadap kebijakan pemerintah terkait global ekonomi serta usaha Sibolga Sumatera Utara.

Praktisnya, ilmu yg akan lo pelajari di sini sangat diharapkan oleh perusahaan BUMN (perusahaan milik negara). akan tetapi pada kenyataannya sih, banyak jua lulusan administrasi bisnis yg bekerja pada bidang anak ekonomi, mirip jadi konsultan bisnis, hingga jadi wirausahawan.



3. Rekomendasi Prodi Ekonomi
 

Nah, Ane harap hingga pada sini lo udah cukup paham ihwal seluk-beluk kuliah di bidang ekonomi. Bagi lo yg emang berminat kuliah pada bidang ini, berikut adalah beberapa rekomendasi kampus berasal aku , dimulai asal PTN ya:


  • Universitas Indonesia, DKI Jakarta
  • Universitas Gajah Mada, pada Yogyakarta
  • Universitas Padjajaran, Jawa Barat
  • Universitas Diponegoro, Jawa Tengah
  • Institut Teknologi Bandung, Jawa Barat
  • Universitas Sebelas Maret, Jawa Tengah
  • Universitas Brawijaya, Jawa Timur
  • Universitas Jendral Soedirman, Jawa Tengah
  • Universitas Airlangga, Jawa Timur
  • Universitas Udayana, Bali
  • Universitas Syarif Hidayatullah, DKI Jakarta


Selain Perguruan Tinggi Negeri, Biaya Kuliah Ekonomi Termurah terdapat juga universitas swasta yang akreditasinya A serta ga kalah kualitasnya dengan universitas negeri, ini beliau rekomendasi asal saya:


  • Universitas Trisakti, DKI Jakarta
  • Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, DKI Jakarta
  • Universitas Katolik Parahyangan, Jawa Barat
  • Universitas Pasundan, Jawa Barat
  • Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta
  • Universitas Muhammadiyah, Yogyakarta


Oke, sekian sedikit sharing dari Ane, nah kalo yang biayanya lebih murah banyak kampus swasta yang menerima mahasiswa baru, jadi kamu tidak usah khawatir jika nilainya kurang dari rata-rata, dan kamu juga bisa bekerja sambilan dengan kuliah mengambil kelas reguler sore atau reguler khusus sabtu dan minggu. jadi semuanya bisa kamu jalani tanpa harus menggantungkan biaya kuliah dari orang tua atau kakak saudarannya.

di jogja sendiri ada banyak sekali kampus swasta yang menawarkan program studi yang layak kamu pertimbangkan baik dari biaya kuliah atau akses dari kontrakan, kost atau tempat tinggal kamu, sehingga kamu bisa lebih hemat biaya.

saya sendiri kuliah di salah satu kampus tertua di yogyakarta ialah STIE-SBI Yogyakarta, dimana kampus ini menawarkan berbagai kemudahan dalam pembayaran administrasi keuangan, sehingga kamu bisa menentukan cara pembayaran baik dengan cara pembayaran perbulan , per semester bisa kalian pilih, dan enaknya lagi kalian  bisa mendapatkan jaringan khusus untuk menempuh jenjang karir yang kalian inginkan.

STIE SBI Yogyakarta mulai membuka pendaftaran mahasiswa baru tahun ajaran 2019/2020. Biaya kuliah sangat terjangkau, yakni Rp.400.000 perbulan bebas biaya Gedung dan variabel SKS.

STIE SBI Yogyakarta telah membuktikan dan tetap berkomitmen sebagai kampus yang memberikan pelayanan pendidikan secara profesional legal dan pluralis tanpa membedakan kelas sosial, ras, suku, bangsa dan agama. Semua didedikasikan demi kemajuan peradaban bangsa dan manusia pada umumnya.

Peringkat Akreditasi Institusi STIE SBI adalah “B”, sedangkan Program Studi Akuntansi dan Manajemen memiliki peringkat akreditasi “B“.  Beban studi dan masa studi sangat optimal. Suasana kuliah nyaman, karena semua ruangan berpendingan AC serta didukung fasilitas penunjang pendidikan yang memadai dan representatif seperti laboratorium, perpustakaan, ruang kelas dengan fasilitas teknologi informasi yang nyaman. Biaya Kuliah Ekonomi Termurah Suasana  Atmosfer pembelajaran sangat kondusif dengan didukung oleh staf dosen yang memiliki kualifikasi mengajar yang memadai.

Program Studi :
  1. Akuntansi (terakreditasi BAN PT peringkat “B”}
  2. Manajemen (terkakreditasi BAN PT peringkat “B”)
Jadwal Pendaftaran : Januari – September 2019

Cara Pendaftaran :

Online : kunjungi website kami di www.stie-sbi.ac.id selanjutnya pilih menu “pendaftaran”
Offline : Datang langsung di STIE SBI Yogyakarta (Jl. Ringroad Utara 17 Condongcatur, Depok, Sleman, DIY)
Biaya Kuliah hanya Rp.400.000/bulan bebas biaya gedung dan variabel SKS

Syarat Pendaftaran :

  • Lulusan SMA, SMK, MAN dan yang sederajat
  • Lulusan D3/Poltek/Akademi atau yang sederajat
  • Mahasiswa transfer
  • Lulusan program paket C


Keunggulan :

  • Biaya kuliah ringan (Rp.400.000 per bulan)
  • Tersedia banyak beasiswa
  • Masa studi untuk jenjang S1 ditempuh dalam waktu 3,5 tahun
  • Tersedia banyak beasiswa



Program Unggulan :

  • Kelas Reguler : program perkuliahan dengan jadwal yang dilaksanakan pada pagi hingga sore hari
  • Kelas Karyawan : program perkuliahan yang dilaksanakan pada sore hingga malam hari dengan jadwal yang fleksibel



jika kalian berasal dari Sibolga Sumatera Utara maka bisa menghubungi saya di nomor kontak dibawah ini untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap. 

Informasi : SMS/WA  0857-2135-9436 (CS. STIE-SBI Yogyakarta)

FORMAT: Nama_Asal Kota_Minat Jurusan 

Terimakasih sudah membaca artikel ini semoga bermanfaat untul para pembaca yang ingin menempuh pendidikan yang lebih baik dan tentunya dalam menuntut ilmu harus diniati tekad yang kuat serta kesungguhan hati, siapa tau kalian nasibnya berubah lebih baik dari sebelumnya. aamiin

INVESTASIKAN WAKTU ANDA UNTUK MENIMBAH ILMU, KARENA ILMU AKAN MENGANGKAT DERAJAT KALIAN KEARAH YANG LEBIH BAIK 

 NB: Apabila kalian masih ada waktu untuk belajar lebih terutama dalam berbisnis online , saya sendiri membuka kelas internet marketing khusus pemula atau pemula yang ingin memperdalam ilmu bisnis online, materinya antara lain:

  1. Pembuatan Website Pemula dengan Media Gratisan
  2. Pembuatan Website Untuk Pemula Lanjutan dengan Media Website Berbayar
  3. Riset kata Kunci untuk menguasa google dominasi
  4. Mengoptimasi Jualan dengan Modal media Gratisan
  5. Mengoptimasi Jualan dengan Media Sosial Media
  6. Cara Tercepat menyebarkan nomor Handphone dengan tools imacros
  7. Belajar SEO Untuk Pemula
  8. Belajar SEO untuk Pemula Lanjutan


 Website Pribadi saya 
==>> https://iswanto.com

Website Bisnis Saya 
==>> https://hargaproperty.com
==>> https://www.sukabatik.com 

nah itu yang bisa saya sampaikan, apabila berminat silahkan hubungi nomor Whatsapp diatas ya... 


Tag Terkait:  kuliah jurusan ekonomi akuntansi, kuliah jurusan ekonomi di bandung, kuliah jurusan ekonomi di surabaya, kuliah jurusan ekonomi di semarang, materi kuliah ekonomi koperasi pdf, mata kuliah ekonomi koperasi, bahan kuliah ekonomi kesehatan, mata kuliah ekonomi keuangan dan perbankan ub, materi kuliah ekonomi kependudukan, mata kuliah ekonomi keuangan dan perbankan, materi kuliah ekonomi kreatif, mata kuliah ekonomi kreatif, materi kuliah ekonomi lingkungan, mata kuliah ekonomi sumberdaya lingkungan ipb, materi kuliah ekonomi mikro lengkap, mata kuliah ekonomi sumberdaya lingkungan, lulusan kuliah ekonomi syariah jadi apa, materi kuliah ekonomi internasional lengkap, kuliah ekonomi makro, kuliah ekonomi murah di bandung, kuliah ekonomi mikro, kuliah ekonomi murah, kuliah matematika ekonomi, mata kuliah ekonomi manajemen, mata kuliah ekonomi manajemen s1,



Comments

Popular posts from this blog

Pendaftaran Kuliah Ekonomi Manajemen S1 di Pidie Nanggroe Aceh Darussalam (NAD)

Pendaftaran Kuliah Ekonomi Manajemen S1 Pidie Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) Alasan Kuliah Ekonomi?    penasaran kuliah ekonomi itu belajar apa aja? di artikel ini, Kampus Ekonomi mengupas gambaran dunia perkuliahan di jurusan ilmu ekonomi, manajemen, akuntansi. “Kalo kuliah ekonomi tuh belajar apa sih?” Halo guys, ketemu lagi sama aku Iswanto.com di blog Kuliah Ekonomi. sesuai dengan judul artikel ini, lo bisa nebak bahwa kali ini Ane akan mengupas global perkuliahan pada fakultas ekonomi. Oke untuk lo yang mungkin belum kenal saya, ketika ini aku merupakan tutor Ekonomi pada Kampus Ekonomi Education. Sebelum pada Kampus Ekonomi, Ane udah lumayan usang makan asam-garam dunia ekonomi. Selain kuliah S1 & S2 Ekonomi , Ane juga pernah ngajar jadi dosen di FE Trisakti serta juga sempat aktif menjadi konsultan ekonomi buat kerjasama antar pemerintah. Nah, moga-moga pengalaman saya ini,mampu membantu lo menyampaikan ilustrasi wacana seluk-beluk ilmu ekonomi, khususnya pada dunia perkulia

Biaya Kuliah Ekonomi Termurah di Singkawang Kalimantan Barat

Biaya Kuliah Ekonomi Termurah Singkawang Kalimantan Barat Alasan Kuliah Ekonomi?    penasaran kuliah ekonomi itu belajar apa aja? di artikel ini, Kampus Ekonomi mengupas gambaran dunia perkuliahan di jurusan ilmu ekonomi, manajemen, akuntansi. “Kalo kuliah ekonomi tuh belajar apa sih?” Halo guys, ketemu lagi sama aku Iswanto.com di blog Kuliah Ekonomi. sesuai dengan judul artikel ini, lo bisa nebak bahwa kali ini Ane akan mengupas global perkuliahan pada fakultas ekonomi. Oke untuk lo yang mungkin belum kenal saya, ketika ini aku merupakan tutor Ekonomi pada Kampus Ekonomi Education. Sebelum pada Kampus Ekonomi, Ane udah lumayan usang makan asam-garam dunia ekonomi. Selain kuliah S1 & S2 Ekonomi , Ane juga pernah ngajar jadi dosen di FE Trisakti serta juga sempat aktif menjadi konsultan ekonomi buat kerjasama antar pemerintah. Nah, moga-moga pengalaman saya ini,mampu membantu lo menyampaikan ilustrasi wacana seluk-beluk ilmu ekonomi, khususnya pada dunia perkuliahan pada Fakultas E

Biaya Kuliah Ekonomi Termurah di Dogiyai Papua

Biaya Kuliah Ekonomi Termurah Dogiyai Papua Alasan Kuliah Ekonomi?    penasaran kuliah ekonomi itu belajar apa aja? di artikel ini, Kampus Ekonomi mengupas gambaran dunia perkuliahan di jurusan ilmu ekonomi, manajemen, akuntansi. “Kalo kuliah ekonomi tuh belajar apa sih?” Halo guys, ketemu lagi sama aku Iswanto.com di blog Kuliah Ekonomi. sesuai dengan judul artikel ini, lo bisa nebak bahwa kali ini Ane akan mengupas global perkuliahan pada fakultas ekonomi. Oke untuk lo yang mungkin belum kenal saya, ketika ini aku merupakan tutor Ekonomi pada Kampus Ekonomi Education. Sebelum pada Kampus Ekonomi, Ane udah lumayan usang makan asam-garam dunia ekonomi. Selain kuliah S1 & S2 Ekonomi , Ane juga pernah ngajar jadi dosen di FE Trisakti serta juga sempat aktif menjadi konsultan ekonomi buat kerjasama antar pemerintah. Nah, moga-moga pengalaman saya ini,mampu membantu lo menyampaikan ilustrasi wacana seluk-beluk ilmu ekonomi, khususnya pada dunia perkuliahan pada Fakultas Ekonomi. Oke, n